Tanjung, InfoPublik – Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Tahun Baru Islam  Madarasah Tsanawiyah Negeri 4 Tanjung  melaksanakan pawai ta’aruf yang diselanggarakan oleh Keluarga besar Mtsn 4 Tanjung dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah,Senin (18/9) di Sekolah MTs N Tanjung.

Pawai yang melibatkan 925 orang siswa dari 24 kelas, acara tersebut diawali oleh grup drum band sebagai pengisi barisan paling depan sebagai penggiring jalan.

Pelepasan secara resmi pelaksanaan pawai kali ini dilakukan oleh Kepala Kementrian agama Tabalong, H. Mahrus didampingi Kepala Sekolah MTsN 4 Tabalong serta guru-guru MTsN ditandai dengan dikibarkannya bendera yang dimulai dari halaman MTsN 4 dan berakhir juga di halaman MTsN Peureumeu dengan jarak tempuh 2 Km.

Menyambut tahun baru islam ini,sebagai  pelajar muslim, bercirikan khas agama , kita harus  gembira dengan kedatang bulan Muharram ini  karena Banyak kejadian yang terjadi di bulan Muharam ini.”kata Kepala Kemenag Tabalong,H Mahrus.

Disamping itu juga bahwa pada bulan Muharram ini menjadi peringatan bagi kita sebagai muslim yang baik dalam mengevalusi 12 bulan yang  sudah berjalan.

“Apa saja yang sudah kita  lakukan , sudah berapa banyak kebaikan yang kita lakukan  dalam memberikan kepada diri kita sendiri ,khusus kepada masyarakat, orang tua,teman serta guru sekitar lingkungan sekolah MTsN 4 Tanjung maupun di luara,”tambahnya.

Ia juga berpesan kepada pelajar muslim MTs N yang baik, pada bulan Muharram ini, yang terpenting anak –anak MTs N 4 ini terhindar dari narkoba ,dan tinggalkan yang berbau obat terlarang, perbanyak membaca alquran,  hindari perbuatan maksiat dan lainnya.”ujarnya.

Senada di acara tersebut Kepala Sekolah MtsN 4 tanjung, H. Fadliyadi menjelaskan peringatan ini merupakan puncak acara, dimana sebelumnya  sudah melakukan tujuh kegiatan  dalam bentuk perlombaan selama dua hari dan diakhiri dengan pawai taaruf ini,”Jelasnya

Sedangkan tujuan kegiatan ini dalam rangka memasyarakatkan khsusnya kalangan pelajar MTs N di Tabalong yang merupakan lembaga berciri khas islam juga siswa dapat lebih mengenal Hijiriah sebagai penanggalan Islam serta dapat menghayati sejarah perjuangan Nabi SAW dan para sahabat dalam menegakkan Agama Islam.(MC Tabalong/Said/Eyv)