Tanjung, InfoPublik – Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan mendorong pertumbuhan dan pengembangan usaha agribisnis.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Johan Effendi pada pertemuan dengan 117 Gabungan Kelompok Tani se Kabupaten Tabalong tentang Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan di Gedung Pusat Informasi Tanjung,  Kamis (14/9).

Johan Effendi mengatakan pemerintah berharap tumbuh dan berkembangnya usaha agribisnis yang disesuaikan dengan potensi wilayah. Hal ini dikatakannya dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran.” Sehingga terciptanya rumah tangga petani,” katanya.

Selain itu juga sebagai upaya untuk meningkatkan pelaku usaha agribisnis, pengurus gapoktan dan penyuluh pendamping dalam pengelolaan administrasi pembukuan dan keuangan serta terbentuknya pengembangan kelembagaan ekonomi petani.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi setda Tabalong Hamidah Munawaroh mengatakan, pengembangan usaha agribisnis pedesaan merupakan program Kementrian Pertanian bagi petani di pedesaan  dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan dengan memberikan fasilitas bantuan modal usaha petani.

“Program ini sejalan dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Tabalong tahun 2015-2019. Yaitu meningkatkan pembungunan agribisnis dengan menyediakan bibit gratis dan pupuk yang muruh bagi petani,” ujar Hamidah. (Mc Tabalong/Ir/elvira)