Sosial & Budaya

Pasar Tani Di Tabalong Bantu Petani Jual Hasil Pertanian

Tanjung, InfoPublik – Usai melaksanakan apel, Senin (11/9), ratusan pegawai Pemerintah Kabupaten Tabalong berbondong bondong menghampiri pasar tani yang terletak  di Taman Gita kota Tanjung.

Berbagai sayuran segar diperjual-belikan di pasar tani tersebut, di antaranya kacang panjang, terong, cabe, jagung, sawi, labu dan sayuran lainnya,  Hal ini dilakukan dalam rangka untuk membantu petani  untuk  memasarkan hasil pertaniannya.

Untuk harga  sendiri sayuran yang dijual tidak berbeda dengan harga di pasar pada umumnya, sedangkan kelompok tani yang berjualan berjumlah  empat kecamatan terdiri dari Kecamatan Kelua, Tanjung, Murung Pudak, dan Tanta.

Kegiatan pasar tani ini memang sudah direncanakan di dua bulan kebelakang ini. ”Alhamdulillah  tanggal 31 Agustus  2017 Pemkab Tabalong telah mewujudkan apa yang jadi harapan dari kami petani, yaitu sudah mewujudkan  secara resmi pasar petani,” ungkap Ketua Asosiasi Holtikultura Se-Kabupaten Tabalong, Armin Anggara.

Selain itu, Armin  masih mempunyai harapan lainnya kepada Pemerintah Daerah setempat, terutama untuk menampung yang lebih besar lagi dari hasil produksi tani , saat ini yang sarana produksinya kebanyakan lewat program  dan  sudah over produksi oleh pasar lokal.

“Kami sangat berharap dari semua sektor khususnya pemerintah daerah baik itu Disperindakop  maupun Dinas Pertanian agar cepat merelalisasikan rencana pengolahan pasar tani yang rencana nya akan didirikan di Desa Kembang Kuning,” katanya.

Sementara belum terwujud dalam pembangunan pasar, kami sangat berharap agar
misalnya ada pedagang-pedagang ataupun pengumpul  dari Provinsi lain agar bisa membantu kami untuk menghubungkan, sehigga  hasil produksi kami yang saat ini sudah over produksi  bisa terserap di Kabupaten lain,” katanya.

Nantinya pasar tani  yang beli bukan hanya untuk lingkup Pegawai Negeri Sipil saja, tetapi juga dibuka untuk umum agar masyarakat lainnya bisa membeli sayuran disini asalkan dengan pertimbangan adanya ketertiban. (MC Tabalong/Sy/toeb)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

322255
Users Today : 468
Users Yesterday : 561
This Month : 9612
Total Users : 322255
Views Today : 1725
Total views : 2111995
Who's Online : 6

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/