Sosial & Budaya

Gapoktan Pugaan Raih Predikat Terbaik Kedua Nasional

Tanjung, InfoPublik – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bangun Banua dari Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, meraih predikat terbaik kedua tingkat nasional dan mendapat perhargaan dari Kementerian Pertanian.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Sofianoor di Tanjung, Senin mengatakan penghargaan bagi

Gapoktan Bangun Banua diserahkan oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam apel gabungan di Taman Giat Tanjung.

“Penghargaan juga diberikan kepada tenaga penyuluh terkait ketiga tingkat Provinsi Kalse atas nama As`ari yang bertugas di Kecamatan Pugaan,” jelas Sofianoor.

Menurut As`ari prestasi yang diraih Gapoktan Bangun Banua setelah dilakukannya penilaian terhadap administrasi kelembagaan, kelengkapan pengurus serta kemitraan.

Gapoktan Bangun Banua sendiri beranggotakan petani pangan di Kecamatan Pugaan dan tahun ini mendapatkan bantuan modal pengembangan usaha pangan masyarakat oleh Kementerian Pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan setempat Fahrial Fuaddy menjelaskan bantuan tersebut termasuk untuk operasional Gapoktan dalam kegiatan pembelian gabah dari petani.

“Di Tabalong baru Gapoktan Bangun Banua yang memenuhi syarat untuk penguatan lembaga distribusi pangan mandiri sehingga mendapatkan bantuan permodalan dari Kementerian pertanian,” jelas Fahrial.

Gabungan Kelompok tani ini mulai menjalankan usahanya pada 2016 dan saat ini sudah memproduksi beras kemasan dengan varietas Cihirang yang berasal dari petani lokal. Antara/MC Tabalong

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top