Sosial & Budaya

Realisasi Dana Desa Tabalong Sebesar Rp103,5 Miliar

Tanjung, InfoPublik – Realisasi dana desa baik bersumber dari pemerintah pusat dan daerah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mencapai Rp103,5 miliar di daerah itu.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tabalong Subqi di Tanjung, Kamis mengatakan realisasi dana desa bersumber dari APBN Rp54,8 miliar.

“Sebanyak 117 desa sudah menerima dana desa tahap pertama baik dari APBN maupun APBD kabupaten,” jelas Subqi.

Sedangkan realisasi alokasi dana desa bersumber dari APBD Kabupaten 2017 sebesar Rp48,7 miliar dan sudah ditransfer pada 117 desa dari 121 desa di `Bumi Saraba Kawa` ini.

Selanjutnya dana desa tahap kedua bersumber dari APBN, ungkap Subqi, menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

Subqi menambahkan, tahun lalu serapan anggaran dana desa maupun ADD mencapai 100 persen karena itu diharapkan tahun ini penggunaan dana bisa optimal.

Secara terpisah, Kasi Pembangunan di Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta Jainoor Sulaiman mengatakan telah menerima dana desa tahap pertama sebesar Rp452 juta.

“Tahun ini total dana desa yang kita terima sekitar Rp1,3 miliar dan baru direalisasikan Rp452 juta,” jelas Jainoor.

Dana desa tersebut di antaranya untuk pembuatan jalan baru di RT 3 sepanjang 1,4 kilometer dengan alokasi dana Rp100 juta serta infrastruktur desa lainnya. (MC Tabalongt/Ant/Kus)

Ke Atas