Sosial & Budaya

OPD Di Tabalong Peringati Hari Otonomi Daerah Ke-XXI

Tanjung, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Tabalong memperingati upacara Hari Otonomi Daerah yang ke XXI bertempat dihalaman Kantor Bupati Tabalong, Kamis (27/4). Tema pada Hari otonomi Daerah tahun ini yaitu Dengan semangat otonomi daerah kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui E-Goverment.

Selaku Inspektur upacara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Cahyo Kumolo yang dibacakan Bupati Tabalong, menjelaskan bahwa Hari otonomi daerah merupakan Momentum untuk mengevaluasi kebijakan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing masing daerah otonomi.

“Setiap pemerintah daerah harus senantiasa meningkatkan kinerja sesuai apa yang telah dicapai, seraya mengatasi setiap hambatan yang terjadi dipemerintahan otonomi daerahnya masing masing,” ujarnya.

Pelaksanaan otonomi daerah pemerintah Daerah senantiasa menekankan untuk fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat khususnya pada pelayanan publik, pelayanan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing ekonomi masyarakat, “Inilah tujuan utama pelaksanaan otonomi daerah yang menjadi prioritas dalam kebijakan pembangunan pada pemerintah daerah,” tuturnya.

Pembangunan otonomi daerah yang sangat urgent dalam pelaksanaan pelayanan publik pada pemerintahan, yaitu dengan menggunakan tehnologi berbasis imformasi dan komunikasi atau Electronic goverment yang dapat memberikan pelayanan informasi secara tepat dan cepat bagi masyarakat

Kementerian dalam negeri telah mendorong setiap pemerintah daerah untuk mengembagkan penyediaan pelayanan publik dengan Smart City dan program City Branding atau pencitraan kota.

“Tentunya hal ini menjadi prioritas program pembangunan pada sektor tertentu sesuai dengan karasteristik daerah dan kebutuhan Masyarakat yang berbasis Elektronik goverment,” paparnya.

Program tersebut merupakan fasiltasi pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik, demikian pula dengan program nawacita kabinet kerja yang berkomitmen membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan

Demikian pula dengan kebijakan Fiskal yang diterapkan oleh pemerintah pusat dalam rangka membangun daerah dan desa adalah dengan mengalokasikan Dana transfer untuk setiap daerah otonom baik untuk alokasi dana umum maupum alokasi dana khusus.

“Untuk itu dana transfer dan dana desa perlu dikelola secara transparan dan akuntabel sehingga mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat khususnya pada pengelolaan keuangan daerah ,” jelasnya Upacara Hari otonomi Daerah di ikuti seluruh unsur Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Ir/Eyv)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

322453
Users Today : 666
Users Yesterday : 561
This Month : 9810
Total Users : 322453
Views Today : 2574
Total views : 2112844
Who's Online : 1

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/