Politik & Hukum

Kabupaten Tabalong Lakukan Update Data Paspor Calon Jamaah Haji

Tanjung, InfoPublik – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tabalong melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) melakukan update data paspor jamaah calon haji (JCH) yang telah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Reguler Tahap I.

Staf Seksi PHU Jainur Rahman saat ditemui diruang kerjanya Senin (17/4), mengatakan proses maintenance dan update data paspor ini sebelumnya dilakukan oleh pihak Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Bidang PHU.

”Namun semenjak menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Generasi II, maka proses tersebut dilakukan oleh Kemenag Kabupaten/Kota,” terangnya.

Jainur menambahkan seluruh JCH yang telah melunasi BPIH secara bertahap akan dilakukan update data paspor mulai dengan entry nomor dan nama paspor, tempat dikeluarkannya paspor, tanggal masa berlaku dan data paspor lainnya.

Guna meminimalisir kesalahan update data paspor dengan melakukan pengecekan data hingga 2 kali dan prosesnya selanjutnya dilanjutkan oleh Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel. ”Update kevalidan data paspor dimaksudkan untuk kemudahan proses visa jamaah,” tambah Jainur.

Jainur menjelaskan pihaknya baru akan melakukan entry dan update data paspor ketika jamaah telah melakukan pelunasan BPIH agar dipastikan jamaah tersebut bersedia pada keberangkatan haji tahun 2017 dan tidak akan menunda.

”Karena berkenaan dengan dokumen perjalanan yang sangat penting sehingga kita berupaya secara maksimal untuk menghindari kesalahan sekecil apapun,”  katanya. (MC Tabalong/Kemenag/Sry/toeb)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

310483
Users Today : 191
Users Yesterday : 554
This Month : 15902
Total Users : 310483
Views Today : 424
Total views : 2048249
Who's Online : 12

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/